Peran Dan Fungsi Pers dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

0 159

Tintarakyatsumsel-Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia . Pernyataan tersebut tercantum dalam undang-undang Nomor 40 tahun 1999 pasal 1.

 

Sejarah Pers di Indonesia bermula saat kantor berita ANTARA berdiri pada tanggal 13 Desember 1937 sebagai kantor berita perjuangan dalam rangka merebut kemerdekaan bangsa yang mencapai sebuah kemerkaan pada tanggal 17 Agustus 1945 saat proklamasi kemerdekaan.

 

Pers memiliki peran dan fungsi yang dapat menjanjikan masa depan generasi bangsa. Pers memiliki kedudukan penting bagi masyarakat dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pers dalam Negara demokrasi masuk kedalam empat pilar, diantaranya lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan pers.

 

Nah, pada undang-undang Nomor 40 tahun 1999 ini menjelaskan tentang hukum atau aturan  berkaitan dengan pers, Dimana, fungsinya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, dan yang menjadi sasaran utama adalah genrasi penerus bangsa.

 

Pers atau media massa juga mempunyai  misi untuk ikut mencerdaskan masyarakat, menegakkan keadilan, dan memberantas kebatilan.

 

Namun, perlu kita ketahui untuk menjadi insan yang dapat menegakkan keadilan sesuai aturan dan norma serta memberantas kebatilan, maka insan tersebut harus “cerdas”, baik cerdas ilmu maupun cerdas akhlak, Seperti yang dijelaskan dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 pasal 3 Pers Nasional mempunyai fungsi, sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan control social.

 

Dalam menjalankan perannya sebagai media pendidikan, tujuannya untuk menjadikan manusia yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi agar dapat memecahkan masalah-masalah Negara dan menjadikan manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki ahklak dan norma yang baik, untuk mewujudkan ke tiga hal tersebut bukanlah mudah, perlu banyak proses dan perjuangan, Apalagi pengaruh globalisasi dan pengaruh asing kini semakin meraja rela.

 

Maka dengan adanya pers atau media massa dapat dimanfaatkan bangsa untuk dijadikan media pendidikan atau mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memperhatikan arus yang benar dan salah ketika memanfaatkan pers.

 

Teknologi yang semakin canggih seiring berubahnya generasi didunia, akan menantang suatu bangsa untuk ikut dengan segala perubahan-perubahan itu.

 

Ketika seseorang dapat mengontrol ilmu dan pengetahuannya dengan norma dan tingkah laku maka segala perubahan pasti dapat diikuti secara baik, Peran pers dalam pendidikan pun akan mudah tercapai.(RD)

@Dikutip dari berbagai sumber.

Slider Ads

20220426_150049
IMG-20220810-WA0012
IMG-20220924-WA0000
20220426_150049 IMG-20220810-WA0012 IMG-20220924-WA0000

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More