Walikota Subulussalam Tinjau Program KOTAKU di Kampong Lae Motong

Subulussalam, Laporan Mansyah Berutu

0 229

SUBULUSSALAM, Pemerintah pusat melalui sumber dana APBN 2021 kembali mengucurkan anggaran untuk program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kota Subulussalam bertujuan pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Jika sebelumnya di tahun 2020 Kota Subulussalam mendapat kucuran dana senilai Rp1 miliar pembangunan pasar rakyat
program KOTAKU, kini di tahun 2021 program KOTAKU berbasis pemulihan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Koordinator KOTAKU Kota Subulussalam, Eka Ariadi mengatakan program KOTAKU tahun 2021 dilaksanakan di 8 desa tersebar di 4 kecamatan yakni Simpang Kiri meliputi Desa Subulussalam, Subulussalam Barat, Tangga Besi dan Kuta Cepu.

Berikutnya Kecamatan Penanggalan yaitu Desa Lae Bersih dan Lae Motong. Lalu di Sultan Daulat, Kampong Gunung Bakti serta Desa Sibungke Kecamatan Rundeng.

Program bantuan KOTAKU tahun ini tidak ada pembangunan infrastruktur struktur baru namun hanya berupa memelihara aset infrastruktur yang dibangun oleh program KOTAKU, maupun program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), pemeliharaan dan perbaikan yang dikerjakan secara Swakelola Masyarakat (BKM/LKM).

Bantuan yang diberikan melalui kegiatan CFW (Cash For Work) atau biasa disebut kegiatan Padat Karya Tunai. Kegiatan CFW merupakan bantuan tunai kepada masyarakat dalam bentuk upah tenaga kerja, yang diberikan oleh pemerintah untuk memulihkan perekonomian masyarakat di tengah Covid-19.

Eka Ariadi menjelaskan seperti kegiatan peningkatan kualitas saluran yang merupakan program KOTAKU salah satunya di Desa Lae Motong terdapat 29 titik pemeliharaan dan rehab ringan saluran drainase di kampung tersebut dengan total anggaran sekitar Rp295 juta.

“Di Kampung Lae Motong ada sekitar 29 titik kegiatan KOTAKU berupa pemeliharaan dan rehab ringan total biaya Rp295 juta,” kata Koordinator Eka Ariadi di hadapan Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang saat meninjau progres kegiatan KOTAKU di Desa Motong, Selasa, 6 Juli 2021.

Eka menjelaskan, dari total anggaran KATAKU sekitar Rp.300 juta untuk masing-masing desa, 60 sampai 65 persen dari anggaran tersebut diperuntukkan untuk upah kerja dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

“Sistem pembayaran gaji pekerja dibayar tunai setiap hari,” ucap Eka Ariadi.

Di hadapan Wali Kota Affan Alfian Bintang dan pejabat PUPR Baginda, Eka Ariadi menjelaskan progres kegiatan KOTAKU yang tersebar di 8 kampong di 4 kecamatan di Kota Subulussalam sudah mencapai 70 persen ditargetkan tuntas pada akhir Juli ini

Disana Affan Alfian Bintang bersama Baginda mewakili Kadis PUPR Kota Subulussalam melihat langsung progres kegiatan KOTAKU di Desa Lae Motong dan respon masyarakat sebagai penerima manfaat kegiatan CFW program KOTAKU.

Walikota Subulussalam H.Affan Alfian Bintang SE bersama Baginda mewakili Kadis PUPR Kota Subulussalam melihat langsung progres kegiatan KOTAKU di Kampong Lae Moteng Kecamatan Penanggalan

Menurut Bintang, kegiatan KOTAKU program Presiden Jokowi sangat membantu masyarakat yang sedang kesulitan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19. Melalui kegiatan CFW program KOTAKU membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena upah kerja langsung dibayar setiap hari.

Seperti pengakuan salah seorang pekerja, Kadin Cibro warga Kampong setempat saat berbincang dengan Affan Alfian Bintang,pejabat PUPR Baginda dan Kepala Kampong Lae Motong, Tagok Manik serta Koordinator KOTAKU Eka Ariadi.

“Lumayan sekali karena upah kerja langsung dikasih setiap sore setelan berhenti kerja, besoknya gitu lagi,” kata Kadin Cibro dibenarkan sejumlah pekerja lainnya di Desa Lae Motong.

Masyarakat berharap kegiatan CFW program KOTAKU bisa kembali berlanjut tahun depan, selain meningkatkan kualitas saluran di desa-desa, program ini memberikan dampak positif terhadap meningkatkan ekonomi masyarakat.

Slider Ads

20220426_150049
IMG-20231026-WA0031
IMG-20231026-WA0032
20220426_150049 IMG-20231026-WA0031 IMG-20231026-WA0032

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More