Sambut Baik Dukungan Jokowi, NasDem Berharap Penetapan RUU TPKS Tak Lagi Ditunda

Foto (Partai Nasdem)

0 9

JAKARTA – Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai NasDem Amelia Anggraini mengapresiasi pernyataan Presiden Jokowi yang mendukung percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Tindak Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi RUU inisiatif DPR.

Hal tersebut disampaikan ‘anak buah’ Surya Paloh itu saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

“Kami mengapresiasi statemen presiden tersebut sebagai langkah maju untuk progres RUU TPKS ini,” kata Amelia.

Amelia mengatakan, sebuah progres yang luar biasa ketika presiden sudah hadir di tengah tarik ulur penetapan RUU TPKS di parlemen.

Seperti diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sempat mengatakan, dirinya memerintahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga untuk segera berkoordinasi dengan Senayan terkait RUU TPKS.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam siaran pers virtual, Selasa (4/1/2022) lalu.

Jokowi mengaku, dirinya telah memantau perkembangan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual sejak masih perumusan di tahun 2016 silam.

Polical Will

Menurut Amelia, pasca dukungan presiden tersebut maka pengesahan RUU TPKS menjadi UU inisiatif DPR seharusnya tak lagi ditunda-tunda. NasDem mengapresiasi DPR yang melalui pernyataan Puan Maharani dalam paripurna pembukaan masa sidang saat ini telah berkomitmen mensahkan RUU tersebut pada 18 Januari mendatang.

“Sebetulnya sih, harapan kami, paripurna kemarin itu sudah disahkan,” ujar Amelia.

Ia berharap, ada good will di Senayan (Pimpinan DPRD Baleg DPR dan seluruh AKD terkait) agar tak ada lagi penundaan. “Untuk apa penundaan-penundaan lagi. Sekali lagi, good will (political will).”

“Apalagi pimpinan DPR kita perempuan. Ini menyangkut sensitivitas dari angka korban kekerasan seksual yang terus meningkat serta harkat dan martabat perempuan,” ujar Amelia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More